Tim Investigasi TNI AD

DANPUSPOMAD PIMPIM LANGSUNG
TIM INVESTIGASI KASUS PENYERANGAN
ANGGOTA YONIF 731/KARABESI KE MARKAS POLRES MALTENG DI MASOHI

Bentrokan antara prajurit TNI AD dan anggota Kepolisian kembali terjadi. Kali ini, baku tembak itu berlangsung di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), provinsi Maluku, bentrokan terjadi sejak pukul 04.15 WIT, Sabtu (2/2), dan berlangsung cukup lama. Kejadian bermula setelah pada subuh itu, sekelompok oknum anggota Batalyon Infantri (Yonif) 731/Kabaresi mendatangi Markas Polres Malteng di Kota Masohi, kemudian meletuslah tembak-menembak yang diselingi dengan bunyi granat, sengitnya baku tembak itu menjadikan suasana di Mapolres Malteng dan sekitarnya seperti medan perang. Warga di Masohi, ibukota kabupaten Malteng pun tercekam. Akibatnya, Masohi lumpuh total karena masyarakat tidak berani keluar rumah. Personel dari kedua kesatuan tersebut saling berhadapan dengan menggunakan senjata organik maupun granat. Bentrokan itu mengakibatkan rumah dinas Kapolres Maluku Tengah AKBP Jacub Parjogo terbakar dan sembilan barak Polres Mateng, rumah dinas Kasat Intel Polres Malteng, ruang Satuan Reskrim, serta ruang peralatan radio dan komunikasi Polres Malteng juga ikut terbakar.

Menindak lanjuti penyelesaian insiden penyerangan dari Batalyon Infantri (Yonif) 731/Kabaresi terhadap Polres Maluku Tengah disikapi secara serius oleh Mabes TNI AD, sehingga memerintahkan 3 orang penting berpangkat PATI untuk berangkat ke Masohi, masing-masing Danpuspomad Brigjen TNI Subagdja Djiwapradja, Wakil Asisten Pengamanan Kasad Brigjen TNI Agus Mulyadi dan Wakil Asisten Operasi Kasad Brigjen TNI Agung Revulton.

Ketiga Pati tersebut merupakan tim Investigasi dari Mabes TNI AD yang diperintah oleh Kasad untuk terjun langsung menyelidiki kasus penyerangan berdarah di Kota Masohi, dan mulai tiba di Masohi sejak hari minggu tanggal 3 Pebruari 2008 malam dan langsung melakukan investigasi dan memeriksa prajurit yang diduga terlibat dalam penyerangan terhadap Polres Malteng di Masohi, yang menyebabkan 3 orang dari Polres Malteng dan Yonif 731/Karabesi meninggal dunia.

Didampingi oleh Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Rasyid Qurnaen Aquary, Kapolda Maluku Tengah Brigjen Pol M. Guntur Ariyadi, Bupati Malteng Ir. Abdullah Tuasikal, Danrem 151/Binaiya Kolonel Ind Pratimun, Danpomdam XVI/Patimura Kolonel Cpm Djayusma, SH dan beberapa pejabat lainnya, Tim Investigasi melakukan peninjauan langsung kerusakan yang terjadi di Polres Malteng, kunjungan diawali dengan melihat puing-puing bangunan milik Mapolres Malteng, diantaranya runag Reskrim dan perumahan anggora Polres Malteng, dimana hampir sebagian besar dari bangunan tersebut mengalami kerusakan dan bangunan utama Polres termasuk ruangan kerja Kapolres yang mengalami kerusakan cukup parah, selanjutnya kunjungan tersebut menuju kerumah dinas Kapolres Malteng yang habis terbakar saat kejadian, termasuk mobil dinas dan satu unit sepeda motor yang tidak luput dari amukan prajurit Yonif 731/Karabesi.

Siang harinya, sekitar pukul 14.00 Wit, dilanjutkan dengan acara rekonsiliasi dan saling memaafkan dari kedua kesatuan yang dilaksanakan di GOR Mapolres Malteng. Ratusan personel Yonif 731/Karabesi dan Polres Malteng berkumpul dan duduk saling berdampingan di gedung tersebut dan siap untuk bersatu lagi, Acara rekonsiliasi tersebut berlangsung penuh haru yang diawali dengan permohonan maaf Pangdam XVI/Patimura kepada Kapolda dan Kapolres Malteng dan diikuti oleh ratusan personel Yonif 731/Karabesi dan Polres Malteng yang hadir. Keharuan tampak jelas di wajah para prajurit Yonif 731/Karabesi dan anggota Polres Malteng, hingga banyak yang meneteskan air mata. DAMAI ITU INDAH.
Explore posts in the same categories: Kegiatan Danpuspomad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: